top of page

SELAYANG PANDANG TENTANG BISNIS

Wone Shubhanayati 1-B/22

 

Bisnis merupakan kata yang sering kita dengar, kata ini sering juga digunakan dalam  suatu percakapan, sebenarnya apa arti dan definisi dari bisnis itu sendiri ? Kata Bisnis merupakan kata serapan dari bahasa inggris yaitu business, mengembangkan dari kata busy yang berarti sibuk dalam artian “sibuk mengerjakan aktifitas dan pekerjaan yang mendatangkan keuntungan”. Dalam ilmu ekonomi, bisnis merupakan suatu organisasi yang menjual barang atau jasa kepada konsumen atau bisnis lainnya guna untuk mendapatkan laba.

 

PERUSAHAAN DAN BENTUK PERUSAHAAN

Shabira Afina 1-B/21

  1. Pengertian Perusahaan

Perusahaan adalah tempat pengusaha melakukan kegiatan mengolah faktor-faktor produksi menjadi barang atau jasa dengan tujuan mencapai keuntungan.

Karena tidak semua tempat dapat menjadi sebuah perusahaan maka ada beberapa ciri umum yang dapat diperhatikan, yaitu ;

  1. Operatif

Adanya aktivitas ekonomi yang berupa produksi dan mengantarkan (distribusi) hasil produksi (barang atau jasa).

Perusahaan dan Bentuk-Bentuk Perusahaan

  1. Pengertian Perusahaan

Perusahaan adalah tempat pengusaha melakukan kegiatan mengolah faktor-faktor produksi menjadi barang atau jasa dengan tujuan mencapai keuntungan.

Karena tidak semua tempat dapat menjadi sebuah perusahaan maka ada beberapa ciri umum yang dapat diperhatikan, yaitu ;

  1. Operatif

Adanya aktivitas ekonomi yang berupa produksi dan mengantarkan (distribusi) hasil produksi (barang atau jasa).

 

Merger, Konsolidasi, dan Akuisisi

“Menyembuhkan” Perusahaan yang sedang “Sakit”

Nurul Ardhaninggar Permadani

133050000938

 

Merger, konsolidasi, dan akuisisi (MKA) biasanya lebih banyak digunakan untuk tujuan memperbesar asset dan penguasaan pasar. Akan tetapi, MKA juga dapat digunakan untuk “menyembuhkan” perusahaan yang sedang “sakit”. Berikut adalah penjelasan singkat mengenai merger, konsolidasi, dan akuisisi.

Sekilas tentang Manajer

Nurul Laelly PPLN 1-B / 19

Dalam ilmu manajemen, manajer adalah seseorang yang mengoordinir dan mengawasi jalannya pekerjaan orang lain sehingga tujuan suatu organisasi bisa tercapai.

Berdasarkan tingkatnya, manajer dibedakan menjadi tiga, yaitu manajer puncak (Top Manager), manajer menengah (Middle Manager) dan manajer lini pertama (First Line Manager). Untuk lebih jelasnya, mari kita bahas satu per satu mengenai tugas masing-masing tingkatan manajer

Perkembangan Teori Manajemen

Nurul Aini

133050000932

  1. Perkembangan Awal Teori Manajemen
  • Robert Owen (1771-1858)

Sebagai manajer pabrik pemintalan kapas di New Lenart Scotlandia.

  • Mencurahkan perhatiannya pada faktor produksi tenaga kerja atau ‘vital machine’.
  • Kuantitas dan kualitas hasil pekerjaan dipengaruhi oleh faktor ekstern dan intern dari pekerjaan.
  • Atas hasil penelitiannya dikenal sebagai bapak manajemen personalia.
  • Twitter Square
  • facebook-square

© 2023 by Bunny Matthews Decorator. Proudly made by Wix.com

bottom of page